Jumat, 08 April 2011

MANA DULUAN AYAM DARIPADA TELUR HAYOOOOO.........

Jawabannnyaaa........AYAM DOOOONNNKKKK, hehe........ penasaran gimana bisa, simak penjelasan berikut ini yaaahhhhh......

para ilmuwan telah berhasil menjawab tebak-tebakan paling tua di dunia, mana yang lebih duluan, ayam ato telur?
melalui komputer super canggih, tim dari universitas Sheffield dan Warwick, Inggris, menemukan jawabannya, yaitu ayam, lohhh??????
kepada laman harian The Sun, ketua tim peneliti menjelaskan bagaimana mereka berhasil memecahkan teka-teki tersebut.

"Apa yang kami temukan adalah sebuah penemuan kecelakaan yang menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami adalah menemukan bagaimana binatang bisa membuat cangkang telur".

Menurutnya, selama ini masyarakat masih menganggap remeh ayam. Kami tidak menyadari proses luar biasa yang ditunjukkan para ayam saat proses pembuatan telur.

"Sadarkah anda, saat anda memecahkan telur rebus, anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa paling kuat di seluruh dunia". Cangkang telur memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, meskipun cangkang telur memiliki massa yang sangat ringan.

"Masalahnya, kita tidak tahu bagaimana ayam bisa membuat cangkangnya." Tim peneliti kemudian meneliti dengan menggunakan komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) yang berbasis di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HECTOR ( High End Computing Terascale Resource).

"Kami ingin menelusuri bagaiman telur terbentuk, dengan melihat detail telur secara mikroskopis."

Yang pertama dicari adalah mengetahui resep yang digunakan ayam untuk membuat cangkang telur. "Dengan menggunakan komputer canggih, kami telah memecahkan masalah ini selama berminggu-minggu, sementara ayam, hanya butuh waktu semalam untuk bisa menyusun cangkang telur."

Lucunya, penelitian telur ayam sebagai fokus penelitian benar-benar tak disengaja, pasalnya, para peneliti memilih ayam untuk diteliti karena ayam memiliki struktur protein yang sederhana, jadi sangat mudah untuk  ditelaah. namun hasilnya sangat mengejutkan. "Kami memecahkan teka-teki sepanjang masa, ini mengagumkan."

Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam, protein itu adalah TUKANG BANGUNAN tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis, membentuk cangkang telur. Protein ini menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain.
Tanpa protein tersebut, telur tak mungkin terbentuk, dan protein tersebut hanya ditemukan di rahim ayam. "Itu artinya, ayam lebih dulu ada sebelum telur."

tapi, dari mana ayam berasal?

Beberapa teori menyatakan , nenek moyang ayam menciptaka telur zaman Dinosaurus. "Penemuan kammi merupakan sesuatu hal yang sangat potensial, sebab cangkang telur dibentuk dari banyak kristal kecil. kita bisa menggunakan informasi ini untuk bisa mempelajari lebih dalam bagaimana si ayam membuat dan menghancurkan struktur Kristal lainnya.

Sebagai contoh, bagaimana bisa untuk meghilangkan retak di ceret maupun pipa, penelitian ini juga dapat berimplikasi di dunia medis. Karena, sebenarnya tubuh kita juga menggunakan metode yang sama untuk membuat gigi dan tulang, kita bisa belajar lebih banyak bagaimana membangun kembali tulanh manusia. 

GIMANA????????????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar